APA ITU PORTFOLIO DIGITAL ? KENAPA PENTING ?

Portfolio memiliki arti masing-masing disetiap bidang, namun artinya gak beda jauh, masih berhubungan dengan koleksi. Dari link wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Portfolio kalian bisa lihat beberapa arti portfolio , tapi yang gw bahas disini adalah portfolio dalam lingkup koleksi hasil kerja seseorang.

Nah sekarang apa itu portfolio digital, digabung dari arti portfolio diatas tadi, maka artinya adalah koleksi hasil kerja seseorang dalam bentuk digital (*kira-kira gini deh hahaha). portfolio digital di jaman sekarang berbentuk profile halaman online, bisa jadi itu web, blog atau profile diri seperti di https://www.behance.net untuk designer atau web seperti http://www.linkedin.com/ juga bisa dibilang portfolio digital.

Untuk kalian yang suka ngeblog, ngeblog juga bisa dibilang portfolio, asalkan postingan blog original dari kalian, contohnya

  • blog yang isinya gambar hasil jepretan, design, dll hasil karya sendiri
  • blog yang isinya tulisan cerpen, novel, dll hasil karya sendiri
  • blog yang isinya jurnal ngoding hasil karya sendiri
  • ngeblog apa aja asal hasil karya sendiri gw bilang itu portfolio digital

Jadi menurut gw, di jaman sekarang apa pun karya yang kalian posting di dunia online adalah portfolio, karena suatu waktu koleksi postingan kalian bisa jadi bahan refrensi bagi perusahaan, pencari bakat, penerbit, dsb. untuk menerima atau mengajak kalian bekerja sama.

Kalian pernah dengar ada orang dapat kerjaan karena ngeblog atau ngeposting sesuatu di web ? Kalau gw sering ! teman gw suka banget ngeblog tentang hobi dia, photography, sampai blognya penuh sama koleksi-koleksi hasil jepretan dia selama bertahun-tahun, secara gak langsung dia itu ngebuat portfolio diri sebagai photographer. Awalnya cuma sekedar iseng ngeblog tentang hobi, tapi siapa sangka kalau blog dia itu malah ngebawa dia ke dunia kerja dia saat ini, photographer pro di suatu majalah.

tau raditya dika ? pasti tau dong, jadi lanjut kecerita lain ya hahaha..

Gamaliel & audrey yang sering posting video cover di youtube sekarang udah gabung di salah satu label, karena postingan di youtube mereka banyak yang watch, mereka dilirik label. Koleksi video cover mereka dari awal jadi bahan pertimbangan label untuk mengajak mereka bekerja sama, punya suara bagus, tampang keren, label mana yang gak tertarik ?

tau acara tv “jalan-jalan men” ? itu awalnya program serial sebuah channel  di youtube yang punya viewer cukup banyak (*banyak banget asli! hahaha..), dikontrak untuk tayang di TV nasional juga karena portfolio digital mereka, channel tersebut udah banyak produksi video-video di youtube selama bertahun-tahun, dimana video-video mereka itu jadi bahan pertimbangan TV nasional tersebut untuk kontrak mereka, channel ini bisa mempertahankan kualitas, cerita, dan karakter.

Apa kelebihan portfolio digital ? kelebihannya bisa diakses kapan saja dan dimana saja, dengan berkembangnya trend ini, jangan kaget kalau dapat panggilan kerja tiba-tiba tanpa ngirimin lamaran kerja.

Bookmark the permalink.

2 Comments

  1. Portfolio itu bisa dinilai dari berapa segi min?

    • menurut saya portfolio itu dikatakan bagus jika :

      1. Portfolio sesuai dengan bidang yang dikuasai
      2. Portfolio terbaru lebih baik dari yang sebelumnya
      3. Informasi portfolio jelas : tanggal dibuat, siapa saja yang terlibat, dibuat untuk apa, dan lain lain tergantung kategori portfolio.
      4. Jika portfolio digital, maka lebih baik jika portfolio bisa ditemukan orang banyak dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *